Selasa, 24 Januari 2012

Bos dan Anak Buah

Menjadi bos atau hanya menjadi anak buah adalah sebuah pilhan bagi setiap orang. Orang yang mau berusaha dan bekerja keras tentunya mengingikan sesuatu yang lebih baik kedepannya. Namun beberapa orang cukup puas dengan apa yang dia dapatkan saat ini sehingga tidak mau mengembangkan dirinya. Perilaku setiap orang ini sebenarnya adalah bibit dari apa yang ditanamkan orang tua sjak kecil. Namun untuk mendapatkan semua itu bukan keberuntungan atau warisan orang tua melainkan karena proses yang ia jalani. Bos dan anak buah buah adalah satu kesatuan yang tidak bisa berjalan sendiri, seorang bos tidak mungkin melakukan semua tanggung jawabnya sendirian tanpa bantuan anak buahnya. Begitu juga dengan anak buah membutuhkan uang untuk menghidupi keluarganya sehingga ia bekerja kepada bosnya. Kedua posisi tersebut akan menjadi baik jika dijalankan dengan penuh keikhlasan dan saling mendukung satu dengan yang lain.


Langkah pertama untuk menjadi seorang bos adalah menjadi anak buah, kenapa saya mengatakan ini, karena ketika seorang bos pernah menjadi anak buah maka ia tidak akan bertindak semena-mena kepada anak buahnya. Hal ini dikarenakan ia begitu memahami kondisi anak buahnya ketika dia akan menyuruh anak buahnya melakukan sesuatu maka ia akan mempertimbangkan apakah anak buahnya mampu melakukan hal tersebut sama sperti ketika dia masih menjadi anak buah. Dia mengerti beratnya menjadi seorang anak buah sehingga dia mengerti porsi yang diberikan kepada anak buahnya.

Hal yang paling utama ketika menjadi anak buah adalah berfikir apabila dia menjadi bos. Artinya ketika dia bekerja maka akan berpikir ketika dia menjadi bos apakah pekerjaannya saat ini sudah layak. Berfikir apakah dia layak menjadi anak buahnya sendiri jika dia menjadi bos. Berfikir pantaskah dia menggaji dirinya sebagai anak buah apabila dia menjadi bos.


Intinya sebuah jabatan bukanlah sebuah pangkat yang memisahkan satu rang dengan orang lain, melainkan memandang jabatan sebagai fungsi. Ketika menjadi bos maka harus menjalankan fungsi sebagai bs begitu juga dengan anak buah. Bekerja saling mendukung bukan menjatuhkan demi sebuah jabatan.






1 komentar:

jual rumah limasan mengatakan...

kunjungi web kami dan dapatkan info terupdate rumah dijual murah, harga mulai dari 20 juaan hingga ratusan juta rupiah

Posting Komentar