Kamis, 05 Maret 2020

Aktivitas Kuliah Doctoral di Hiroshima University

Foto Bersama Istri saat Entrance Ceremony

Tulisan ini hanya berisi pengalam pribadi, terutama di semester pertama kuliah S3 di Hiroshima University. Terkait bagaimana cara daftar, mencari pembimbing dan pembiayaan kuliah akan saya tulis di postingan yang berbeda.
Program doktor di Hiroshima University terutama di departemen saya, Applied Chemistry tidak ada perkuliahan di kelas melainkan program dengan full riset di laboratoraturium. Syarat kelulusan adalah publikasi internasional dan disertasi. Jadi bisa dipastikan di bulan pertama kuliah, saya langsung melakukan eksperimen yang sebelumnya sudah dikonsultasikan dengan pembimbing. Setiap tahun, mahasiswa diminta untuk mengumpulkan research plan tahunan yang ditanda tangani oleh pembimbing dan co-pembimbing.

Perbedaan eksperimen yang saya dilakukan disini dibandingkan ketika saya kuliah di Indonesia adalah semua hal dilakukan secara mandiri. Semua peralatan dan bahan disediakan secara penuh oleh laboratorium, bahkan jika kita kekurangan bahan atau tidak memiliki maka laboratorium akan memesankan barang tersebut dan akan tiba kurang dari satu minggu. Semua eksperimen hingga karakterisasi dilakukan sendiri tanpa ada batasan jumlah sampel. Misalkan di Indonesia ketika kita sudah berhasil mesintesis sebuah material maka kita akan melakukan karakterisasi di laboratorium tertentu dengan membayar uang dan tinggal nunggu hasilnya keluar beberapa bulan kemudian Di sini selesai sintesis kita bisa langsung karakterisasi sesuai dengan instrumen yang kita butuhkan dengan catatan kita mengoperasikannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Jadi bisa dibayangkan semester pertama disini saya sudah mendapatkan data yang sangat banyak yang mungkin saya butuhkan waktu bertahun-tahun jika di Indonesia dan menghasbiskan berjuta-juta sedangkan disini gratis.

Selain eksperimen saya diberi tugas oleh pembimbing untuk melakukan research review beberapa paper dan dipresentasikan, dengan jumlah tiga presentasi setiap semester untuk mendapatkan nilai tiap semester. Semoga nilai semester ini cukup menyenangkan, deg-degan juga nunggu hasilnya.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Sangat bermanfaat sekali. Ditunggu posting berikutnya terkait cara daftar, mencari pembimbing dan pembiayaan kuliah.

Posting Komentar