Kamis, 12 Maret 2020

Tips Membeli Barang di Yahoo Auction Jepang

Jepang adalah salah satu surga bagi penikmat barang bekas dan barang murah. Barang-barang tersebut dapat dibeli secara online maupun offline. Secara online anda bisa menemukan di beberapa toko seperti 2nd street, Book off, Tsutaya dan lain-lain. Kali ini saya coba membahas bagaimana cara membeli barang di situs lelang yahoo auction. Situs ini menarik sekali karena kita bisa membeli barang dengan harga yang sangat murah, ada barang yang dilelang mulai harga 1 yen. Hal apa yang perlu diperhatikan ketika akan membeli barang di yahoo auction :

1. Buat Akun
Membuat akun di situs tersebut, cara mudah seperti registrasi di situs jual beli lainnya. Cukup mendaftarkan email dan nomor hp, maka anda sudah memiliki akun yang siap untuk membeli barang.

Formulir Pendaftaran


2. Mencari Barang
Ada beberapa cara untuk memilih barang, bisa dengan mencari dari kategori yang ada. Pilih kategori dari barang yang akan anda beli, misalkan sepeda, auction figure atau console game.  Cara kedua anda bisa mengetik barang yang anda cari di kolom pencarian, yang perlu diingat adalah tidak semua iklan ditulis dengan bahasa inggris, sebagian besar ditulis di bahasa jepang. Jadi anda akan lebih mudah mencari barang jika mengetikkan nama atau jenis barang dengan bahasa jepang.

Cara Pencarian Barang
3. Memilih Barang
Anda harus teliti sebelum memilih barang yang akan dibeli, pada umumnya penjual akan mendiskripsikan barangnya secara detail di iklannya, namun semuanya ditulis dengan bahasa jepang (*anda bisa menerjemahkan dengan google translate). Jika ada informasi yang tidak lengkap silahkan ajukan pertanyaan langsung ke penjual melalui kolom komentar. Ketika memilih barang perhatikan kelengkapan, kondisi dan yang lebih penting adalah ongkos kirim. Karena beberapa barang dijual dengan harga murah namun ongkos kirimnya mahal. Anda bisa mengecek ongkos kirimnya di iklan, namun jika tidak tersedia silahkan tanyakan ke penjual. Perhatikan juga reputasi penjual, usahakan membeli dari penjual dengan reputasi yang baik.

Memilih Barang Sesuai Keinginan

4. Melakukan Penawaran (Bid)
Jika sudah memilih barang yang ada inginkan, anda bisa melakukan penawaran atau bid. Pemenang lelang adalah pembeli yang melakukan penawaran terakhir di akhir sesi lelang. Pada kategori yang saya sukai (sepeda), biasanya lelang akan berakhir pada malam hari. Sehingga ketika saya ingin membeli barang, saya akan bergadang untuk melakukan penawaran. Tipsnya jangan mudah terpancing ketika melakukan penawaran, karena yang menginginkan barang tersebut bukan hanya anda, jadi akan ada penawar lain. Jika harga penawaran sudah terlalu tinggi, maka lebih baik anda tidak melanjutkan penawaran. Silahkan cari barang lain yang harganya masih wajar, kuncinya harus sabar dan tidak terburu-buru. Jika anda menginginkan barang tersebut dengan cepat maka lebih baik anda membeli barang di toko offline atau beli barang baru yang pada umumnya harganya lebih mahal. Cara menawarkan tinggal klik tombol "bid", dan masukkan angka penawaran anda.


Panduan Melakukan Penawaran
5. Melakukan Pembayaran
Jika anda menjadi pemenang lelang, anda akan diminta untuk mengisi formulir yang berisi identitas dan alamat tujuan pengiriman barang. Setelah disetujui oleh penjual, anda akan mendapatkan notifikasi dan email terkait pembayaran. Anda bisa memilih pembayaran dengan berbagai cara seperti kartu kredit atau lewat minimarket(konbini) seperti seven eleven, family, lawson. Saya sendiri lebih suka pakai family mart karena dekat dengan apato dan saya tidak punya kartu kredit.

6. Pengiriman Barang
Setelah pembayaran selesai, maka barang akan dikirim oleh penjual dan tinggal menunggu barang pesanan kita sampai. Saat barang sudah sampai, jika ada ketidaksesuai barang anda bisa menghubungi penjual untuk melakukan protes. Jika barang tidak dikirim dalam waktu tertentu, anda bisa meminta pengembalian dana dari yahoo auction. Tidak ada potongan sedikit pun jika ada pengembalian dana seperti ini.


Demikian tips sederhana dari saya, semoga bermanfaat.

1 komentar:

rovi.muhammad mengatakan...

Mas mau tanya dong. Kalau misal saya mau ikut auction tp posisi saya di indonesia sedangkan tujuan pengiriman ke alamat teman saya di jepang gitu gak masalah kah? Intinya ikut lelang dari indo tp kirim ke jepang gitu. Terus untuk pembayarannya mending pakai apa ya kalau dari indo?
Terima kasih

Posting Komentar