Rabu, 04 Maret 2020

Salju Pertama Dalam Hidup Kami di Hiroshima

Puji syukur tahun ini (2019) kita sekeluarga bisa berkumpul tinggal di Jepang tepatnya di Higashihiroshima. Sejak bulan Desember tahun lalu sudah musim dingin dengan sudah terkadang minus 2 derajat celcius, satu yang kita tunggu-tunggu adalah "salju". Ya..karena sepanjang hidup kami belum pernah lihat salju, mungkin karena kata orang-orang "Dolan mu kurang adoh". Maklum, walaupun kami sekeluarga suka jalan-jalan tapi paling jauh menyebrang pulau naik pesawat hanya di Bali itu pun mungkin 2 tahun sekali. Kesempatan sekolah di negeri dengan empat musim tidak kami sia-siakan, salah satunya karena ingin lihat salju.


Hari ini seperti biasa bangun pagi, sholat subuh, masak nasi kemudian ngobrol sebentar dengan istri lanjut masa (menu hari ini sayur soup dan ayam rica-rica). Waktu mau buang sampah diluar apato, buka pintu dan ternyata salju sudah turun sejak pagi cukup lebat, pohon-pohon dan rumput sudah tertutupi dengan salju. Langsung saja saya panggil istri dan anak lanang untuk menunjukkan saljunya. Diajaklah anak lanang keluar apato dengan menggunakan jaket cukup tebal, bahagia sekali liat anak sangat senang lihat salju sambil menghadapkan muka ke atas sambil buka mulut. Katanya enak makan salju (*jumlah yang masuk mulut sangat sedikit, jadi aman).



Kebahagiaan melihat salju pertama kali kemudian diikuti dengan rasa khawatir, sambil mikir bagaimana caranya kita berangkat ke kampus. Karena salju sudah turun cukup lebat, sambil lihat keluar lewat jendela apakah ada yang berangkat naik sepeda. Beberapa menit melihat keluar tidak nampak ada orang yang pakai sepeda untuk aktivitas mungkin karena licin. Sempat kepikitan untuk naik taksi untuk berangkat antar anak, ternyata sekali jalan 900 yen (seratus ribu rupiah lebih). Akhirnya karena tidak ada pilihan lain, nekatlah naik sepeda dengan catatan naiknya pelan-pelan sambil menahan terpaan udara dingin yang menusuk tulang.


Kesimpulannya cari paling enak menikmati salju adalah lewat video.....he...he....

0 komentar:

Posting Komentar